Monday, December 12, 2011

KENALI HEPATITIS, HINDARI SAKIT HATI


Kalo mendengar istilah penyakit hati,,,mungkin bayangan yang muncul di benak kita adalah sikap buruk yang mengidapi batin seseorang seperti iri, dengki, sombong atau hasud. Namun yang dimaksud dengan sakit hati disini adalah sakit hati secara medis, yaitu penyakit hepatitis yang menyerang salah satu organ tubuh manusia : hati.
Tak hanya mengingatkan untuk berhati-hati dan menjauhkan penyakit hati batin, ajaran islam juga memerintahkan untuk menjaga kesehatan badan dengan mengenali dan menghindari hepatitis.

APAKAH HEPATITIS ITU?
Hepatitis adalah salah satu jenis peradangan (pembengkakan) hati yang mungkin membawa pada kerusakan hati hingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Situasi ini dapat berakibat fatal dengan terganggunya metabolisme tubuh, karena fungsi hati antara lain adalah membantu pengubahan bahan makanan menjadi energi serta memecahkan dan menguraikan hasil produksi tubuh.

HEPATITIS A & B
Penyakit hepatitis terjadi oleh beberapa penyebab seperti kebiasaan mengkonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan tenaga ahli, parasit atau virus. Namun sebagian besar disebabkan oleh virus. Terdapat dua macam virus yang seringkali menjadi penyebab penyakit ini yaitu virus (HAV) menyebabkan hepatitis A dan virus (HAV) menyebabkan hepatitis B.

HEPATITIS A
HEPATITIS B
SIFAT
·      Sangat mudah menular
·      Menurunkan daya tahan tubuh
·      Hepatitis A tubuh umumnya pulih kembali dalam jangka waktu 3-4 minggu dan jarang berlanjut ke keadaan yang lebih serius dan sebagian orang menjadi kebal terhadap virus hepatitis A setelah pemulihan
·      Dapat menyebabkan hepatitis kronik (inflamasi hati), sirosis hati (pengerasan hati), gangguan fungsi hati dan kanker hati.
TANDA-TANDA PENYAKIT
·      Diawali dengan sakit perut, muntah, buang-buang air, mudah merasa lelah, sakit sendi, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, lesu, merasa loyo. Sesudah seminggu, air seni keruh dan berwarna seperti teh, diikuti dengan warna kulit yang menguning juga pada bagian putih mata
·      Biasanya sakit terjadi selama 4 minggu tetapi dapat terjadi dengan kadar sampai 20% dan tanda-tanda penyakit dapat terus terjadi sampai 6 bulan
·      Tanda-tanda awal menyerupai flu-demam, menggigil, keletihan, sakit kepala, sakit perut, muntah, hilang selera makan, sakit otot dan sendi.
·      Diikuti dengan penyakit kuning pada kulit dan pada bagian mata putih, selain itu air kencing akan menjadi kuning atau seperti teh dan kotoran berwarna pucat.
(Hepatitis A dan B menampakkan gejala yang hampir sama)
CARA PENULARAN
·      Seringkali melalui makanan ( salad, buah-buahan, makanan mentah lain) atau air yang tercampur dengan kotoran orang yang sakit.
·      Melalui makanan laut yang tercemar dengan kotoran, kepah, tiram, kerang dan kupang yang mentah atau separuh matang atau juga melalui hubungan intim dengan orang yang terjangkiti.
·      Sering terjadi pada kawasan dengan tingkat kebersihan dan kebiasaan hidup sehat yang rendah.
·      Virus ini menular melalui darah yang tercemar atau melalui cairan tubuh yang lain seperti air liur, air mani atau cairan vagina
·      Dapat menular melalui penggunaan alat-alat pribadi yang tercemar (seperti pisau cukur, sikat gigi, dll) atau jarum suntik.
·      Ditularkan oleh penderita / pembawa virus (hubungan seksual, ibu penderita / pembawa virus kepada bayi dan anaknya, kontak dengan pembawa, serta terinfeksi melalui air ludah atau darah melalui luka di kulit dan di mulut.

No comments:

Post a Comment