Tuesday, December 13, 2011

KHASIAT KURMA


Kurma adalah sejenis tumbuhan palem (palma) atau dalam bahasa latinnya lebih dikenal dengan Phonex Dactylifer yang berbuah dan boleh dimakan, baik dalam keadaaan masak maupun masih mentah. Berdasarkan penelitian para ilmuwan, kurma kaya dengan protein, serat gula, vitamin A dan C serta mineral seperti zat besi, kalsium, sodium dan potasium. Kandungan protein didalam kurma sebesar 1.8-2.0%, serat sebanyak 2.0-4.0%, dan gula sebanyak 50-70% glukosa.
So, kurma mampu memberikan tambahan energi. Menurut riset yang dilakukan WHO membuktikan, bahwa zat gula yang terdapat didalam kurma itu berbeda dengan zat gula pada buah-buahan lain seperti gula tebu atau gula pasir yang biasa mengandung sukrosa, yang langsung diserap kedalam tubuh. Hal ini menyebabkan zat gula itu harus dipecahkan terlebih dahulu oleh enzim sebelum berubah menjadi glukosa. Sebaliknya, kurma tidak membutuhkan proses demikian. Buah kurma tidak mengandung lemak, namun kandungan karbohidratnya dapat menghasilkan energi tinggi. Para ahli gizi mengatakan, buah ini juga mengandung kalium. Zat yang sangat berguna menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Fungsi mineralnya membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot, dan menstabilkan tekanan darah. Sementara potasium didalam kurma berguna untuk mengatasi masalah stress, sembelit dan lemah otot. Zat besi dan kalsium yang terdapat dalam kurma, berkhasiat mencegah terjadinya penyakit jantung dan diabetes.

Tahukah Anda?
Satu butir kurma kaya akan energi dalam bentuk hidrat arang (6.1 gr), serat, potasium (54.3 mg), dan cukup zat besi. Satu dua butir kurma sudah cukup menggantienergi yang berkurang saat berpuasa, ketika anda sedang begitu sibuk atau saat tidak sempat sarapan. Potasium juga bermanfaat mengatasi kelelahan otot, juga menurunkan tekanan dan darah tinggi dan resiko stroke. Seratnya baik untuk mengatasi sembelit.
Tekstur serat pada kurma cukup halus, aman untuk lambung sensitif atau radang usus. Sedangkan kombinasi zat besi dan hidrat arang baik bagi

Khasiat Kurma
  1. Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, dapat melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan usus.
  2. Bagi perempuan menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kuantitas air susu.
  3. Kurma pun berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui.
  4. Kurma dipercaya memberikan tambahan tenaga untuk ibu hamil.
  5. Menurut hasil penelitian, jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim, sehingga proses melahirkan lebih mudah. Juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.
  6. Konon, bayi yang disusui oleh ibu yang mengkonsumsi kurma, akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.
  7. Sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stress dan pegal.
  8. Membantu menguatkan daya ingat.
  9. Perempuan arab percaya kurma dapat menghaluskan kulit. Biasanya dengan campuran bahan lain dijadikan kosmetik.
  10. Kadar kalium yang terdapat dalam kurma dapat mengurangi resiko serangan stroke dan darah tinggi.
  11. Bagi penderita batuk, kandungan gulanya dapat menghilangkan gatal-gatal dikerongkongan, sekaligus menghentikan batuk.
  12. Jus kurma juga berkhasiat mengurangi penyakit insomnia.
  13. Kurma dapat menambah nafsu makan dan seksual.
  14. Zat besi dan hidrat arang dalam cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.
  15. Bermanfaat menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak.

No comments:

Post a Comment