Monday, December 12, 2011

LINDUNGI DIRI ANDA DARI HEPATITIS


Seseorang yang menjadi ‘pembawa’ hepatitis akan memiliki resiko tinggi untuk berkembang menjadi kanker hati. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
Pertama, lakukan medical check up setiap 6 bulan sekali setiap tahunnya (untuk mengetahui kerja fungsi hati)
Kedua, jangan lupa selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan kontak dengan darah atau cairan tubuh.
Ketiga, yakinkan bahwa anggota rumah tangga dan orang terdekat anda melakukan melakukan pemeriksaan darah dan tidak terinfeksi serta telah melakukan imunisasi.
Keempat, segera beritahu dokter anda jika anda adalah ‘pembawa’ dan katakan obat apa saja yang anda konsumsi saat ini (jika ada). Hal ini untuk menghindari kemungkinan dokter memberikan obat yang bisa berbahaya untuk hati anda.
Kelima, segera temui dokter anda jika anda mengalami gejala : suatu waktu anda selalu merasa lelah, berat badan terus menurun, merasakan suatu perubahan dalam kebiasaan atau mengalami rasa sakit pada bagian atas kanan perut.
Keenam, jika pembawa adalah ibu hamil, lakukanlah pemeriksaan hepatitis B secara teratur selama hamil. Dokter anda akan merancang agar bayi yang anda kandung tidak terkena dengan memberikan hepatitis B immunoglobulin (HBIG) atau dapat memberikan vaksinasi pada saat 12 jam sebelum kelahiran.

Nah, keenam hal diatas perlu untuk diperhatikan. tidak ada salahnya kan jika kita melakukannya dan menjalani pola hidup sehat? Sayangilah kesehatan anda karena kesehatan adalah salah nikmat terbesar dari Allah Yang Maha Esa. Jangan sampai ada menyesal dikemudian hari...

No comments:

Post a Comment